games!

Cara Membuat Game Puzzle8 sederhana dengan Pascal

Game Puzzle_8 adalah sebuah game mengurutkan angka dari angka 1 sampai 9 di sembilan buah kotak .Angka-angka diurutkan dari urutan terkecil ke yang terbesar.Angka-angka tersebut diurutkan dari kiri kekanan tanpa ada ruang kosong diantara dua angka yang berurut.Game ini dibuat bertujuan untuk menguji kecerdasan seseorang dalam menentukan sebuah penyelesaiian masalah.Dalam game ini dituntut untuk mengambil keputusan dengan benar.Pada game ini terdapat penilaiaan Best Player,penilaian Best Player ini berdasarkan langkah paling sedikit yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu kasus.Game ini hanya dapat dimainkan apabila tampilan Fullscreen,jika tampilannya tidak Fullscreen maka tampilan game ini akan kacau.Game ini dibuat menggunakan Program Turbo Pascal Versi 7.1.Dengan menggunakan bahasa pemrgoraman Pascal.Game ini dibuat dengan menggunakan dua buah unit standar pascal yaitu unit crt dan unit dos.

Pendekalrasian Variabel

Pada Program ini,seluruh variabel yang digunakan adalah variable global.Kami menggunakan variable global dikarenakan untuk memudahkan dalam pendeklarasian variable serta untuk mengurangi kemungkinan kesalahan dalam pemakaian variable dalam program.Selain itu juga untuk menguangi penulisan pendeklarasiaan variable.adapun variable –variable serta type yang digunakan dalam program ini adalah

{deklarasi type}

type masuk=record

nama:string[12];

end;

{deklarasi variabel global}

var

z:masuk;

input,tanya,tanya2:char;

temp:string[1];

x:array[1..9] of string[1];

y:array[1..9] of word;

b,j2,m2,n2,temp2,maks1,langkah,temp1:integer;

a,h,j,m,n,d,j1,m1,n1,d1:word;

mriksa:boolean;

best:text;

temp3,maks2:string[12];

namaplayer:array[1..10] of string[12];

moves:array [1..10] of integer;

times:array [1..10] of integer;


Procedure Waktu

Procedure waktu adalah sebuah procedure yang bekerja untuk mencatat lamanya waktu pemain,pada procedure ini waktu awal akhir pemain yang diambil saat permainan selesai dikurangi dengan waktu awal pemain saat permainan dimulai,pengambilan waktu ini menggunakan senuah funsi standar yang telah disediakan oleh unit Dos,yaitu fungsi standar gettime.pada procedure ini juga terdapat pengkondisian yaitu apabila hasil pengurangan bernilai negative.misalnya apabila detik mengulangi hasil yang negative maka menit akan dikurang satu,kemudian detik akan ditambah enam puluh.Berikut bentuk Procedure waktu:

memproses lama waktu pemain}

procedure waktu;

begin

j2:=j1-j;m2:=m1-m;n2:=n1-n;;

if (n2<0) and (m2<0)then

begin n2:=(60+n1)-n; m2:=(60+m1)-m; j2:=j2-1; end

else

if (n2<0) then

begin n2:=(60+n1)-n; m2:=m2-1; end;

writeln(j2,’:',m2,’:',n2);

end;



*Procedure acak1 dan acak2

Procedure ini berfungsi untuk menampilkan angka yang acak pada game Puzzle ini.Dalam procedure acak ini kami juga menggunakan fungsi standar random serta randomize yang telah disediakan oleh unit crt.serta sebuah fungsi yang bertugas untuk merubah nilai numeric integer menjadi nilai string.berikut procedurenya:

{memproses angka untuk dirandom}

procedure acak1;

begin

clrscr;

y[1]:=3;y[2]:=2;y[3]:=8;y[4]:=7;y[5]:=9;y[6]:=6;y[7]:=5;y[8]:=1;y[9]:=4;

randomize;

b:= random(9);

{merandom angka}

begin

for a:=1 to 9 do

begin

y[a]:=(b+y[a]) mod 9;

{memproses satu angka hasil random}

end;

end;

end;



{Merandom ankga yang dihasilkan oleh Pocedure acak1}

procedure acak2;

begin

randomize;

b:= random(9);

{merandom angka}

begin

for a:=1 to 9 do

begin

y[a]:=(b+y[a]) mod 9;

{memproses satu angka hasil random}

end;

end;

for b:=1 to 9 do

begin

str(y[b],x[b]);if (x[b]=’0′) then x[b]:=’ ‘;

{merubah nilai nilai numerik ke string}

end;

end;



*Procedure Puzzle

Procedure Puzzle ini bertugas untuk memberi tampilan pada game puzzle.Dalam procedure ini kami banyak menggunakan pengulangan untuk membuat tampilan program.Pada tampilan game ini kami tidak menggunakan unit graph,namun walaupun demikian tampilan geme ini tetap asyik untuk dipandang mata.berikut Procedurenya:

{tampilan puzzle}

procedure puzzle;

begin

for a:=1 to 45 do

begin

gotoxy(1,a);writeln(‘%%%’);

gotoxy(70,a);writeln(‘%%%’);

end;

for a:=1 to 70 do

begin

gotoxy(a,1);writeln(‘%’); gotoxy(a,2);writeln(‘%’);

gotoxy(a,3);writeln(‘%’); gotoxy(a,43);writeln(‘%’);

gotoxy(a,44);writeln(‘%’);gotoxy(a,45);writeln(‘%’);

end;

for a:=1 to 13 do

begin

gotoxy(a+30,11);writeln(‘*’);

gotoxy(a+30,23);writeln(‘*’);

gotoxy(43,a+10);writeln(‘*’);

gotoxy(31,a+10);writeln(‘*’);

gotoxy(a+30,15);writeln(‘*’);

gotoxy(a+30,19);writeln(‘*’);

gotoxy(39,a+10);writeln(‘*’);

gotoxy(35,a+10);writeln(‘*’);

end;

gotoxy(20,15);writeln(‘Up = ‘,#24);{Tanda panah ke atas}

gotoxy(20,16);writeln(‘Left = ‘,#27);{Tanda panah ke kiri}

gotoxy(20,17);writeln(‘Down = ‘,#25);{Tanda panah ke bawah}

gotoxy(20,18);Writeln(‘Right = ‘,#26);{tanda panah ke kanan}

gotoxy(20,19);writeln(‘Stop =End’);

begin

gotoxy(33,13);writeln(x[1]);

gotoxy(33,17);writeln(x[2]);

gotoxy(33,21);writeln(x[3]);

gotoxy(37,13);writeln(x[4]);

gotoxy(37,17);writeln(x[5]);

gotoxy(37,21);writeln(x[6]);

gotoxy(41,13);writeln(x[7]);

gotoxy(41,17);writeln(x[8]);

gotoxy(41,21);writeln(x[9]);

end;

end;


Procedure Login

Procedure ini bertugas untuk menginput nama player disaat awal permainan.pada procedure ini kami menggunakan sebuah variable yang bertype record.berikut procedurenya:

{memproses inputan nama}

procedure login;

begin

gotoxy(33,25);write(‘Input Nama:’);readln(z.nama);

end; 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Use of Preposition & Common Combination and Preposition

PARTS AND STYLES OF BUSINESS LETTERS

ME, NITA WULAN-18thn